GakJelasBlas, SNSD

I got the licence…

Hmm.. kenapa gue posting ginian disaat seharusnya gue posting BFG?

Sebenernya gue males banget bahas masalah ini, tapi… ya sudahlah…

Gue udah bilang ke beberapa reader perkara mengapa FF itu menghilang dari peredaran. Adakah dari kalian yang bertanya tanya?

Sebenernya gak menghilang, Cuma gue privat sementara waktu. Gue punya alesan sendiri kenapa gue ngelakuin itu.

Beberapa hari yang lalu, timbul problem kecil yang menimbulkan konflik dari beberapa pihak. You know what happened back then?

As expected, apa yang gue bayangin selama ini akhirnya kejadian juga.

Beberapa hari yang lalu, sempat ada yang ngetwit ke gue. Kalo si Authornya (lebih tepatnya temennya author BFG yang juga author) ngerasa keganggu ama transletan gue. Maybe he/she was mad because I didn’t ask his/her permission. Beberapa sone indo yg ngerti langsung mention ke gue. Not as bad as I was expected tough.. tapi lumayan lah bikin gue shock sementara. Dan trauma permanen. Thanks.

Dia gak marah sih sebenernya, mungkin lebih tepatnya kecewa kali yaa.. soalnya gue ngutak-atik barang temennya tapi gak ijin dulu ke orangnya. Dan akhirnya gue langsung ngomong ke author BFG nya langsung. Bilang kalo gue minta maaf. Dengan kata-kata semasokis mungkin. :p

Gue ngaku kalo gue emang salah dan gue minta maaf. Nah, yang bikin gue lebih kaget adalah…

Authornya sendiri malah bilang kalo dia gak mempermasalahkan hal ini, dia oke-oke aja. Malah keliatannya dia seneng banget FF nya gue transletin -,-

Malah dia bilang keren, merasa senang dan terhormat, dan pokoknya

Kalo lo gak percaya, nih.. mensyenan gue ama dia di twitt..

@iamnotamber sorry for not asking your permission. I’m sure I’ve deleted all of them. once again I apologize and thanks. honestly i respect you. you are great. 🙂

@iamnotamber please don’t misunderstand me, I made a mistake but and i’ve already fix it. and please to not to bring it up again. I couldn’t help my guilt. it keeps rising. Sorry

@sasyaa95 omg, if this is about the trans then i’m seriously really cool with it. it’s fine don’t worry, you dont have to delete it. i know it’s hard work to translate stuff too. Don’t worry about it, really. 🙂

@iamnotamber i deserve it. I think everyone started to blame me but please dont blame them. blame me instead, I know I was impolite T^T *bow

@sasyaa95 nah, it’s okay really. 🙂 and who were the people blaming you? I wasn’t blaming anyone, i was actually amused and quite honored.

@iamnotamber So you dont mind at all? i feel relief then.. Thank you very much, that’s very kind of you to give me permission 🙂

@sasyaa95 yeah, i don’t mind. and it’s not like you “stole” the fic, i still saw my name there as the author lol. xD

@iamnotamber so, can i still continue this? actually, I had finished it a long time ago. yours are really good. 😀

@sasyaa95 yes, yes. go ahead. 🙂 sorry for the conflict, lol.

@iamnotamber not. I’m the one who should apologize. sorry I was impolite. *bow* nice to know you 🙂

@sasyaa95 don’t worry about it, no harm done. 🙂 nice to meet you too. 😀

sn1sn2

sn3

twitt 2

twitt1

kira-kira bahasa Indonesianya,

@ iamnotamber aku minta maaf karena tidak meminta izin. Aku yakin aku sudah menghapus semuanya. Sekali lagi, aku minta maaf dan terima kasih. jujur ​​aku menghormatimu. Kamu sungguh hebat. 🙂

@ iamnotamber kumohon jangan salah paham, saya telah membuat kesalahan akan tetapi aku sudah memperbaikinya. Dan kumohon untuk tidak membahas masalah ini lagi. Aku tidak bisa menahan rasa bersalahku. itu terus meningkat. Maaf

@ sasyaa95 omg, jika ini tentang trans maka saya serius benar-benar keren dengan itu. tidak apa-apa jangan khawatir, Kau tidak perlu menghapusnya. saya tahu butuh kerja keras untuk menerjemahkan juga. Jangan khawatir tentang hal itu, Sungguh. 🙂

@ iamnotamber aku layak mendapatkannya. Ku pikir semua orang mulai menyalahkanku tapi tolong jangan salahkan mereka. Salahkan aku sebagai gantinya, aku tahu aku tidak sopan T ^ T * bow

@ sasyaa95 nggak apa-apa sungguh. 🙂 Dan yang siapa orang-orang yang menyalahkan Anda? Aku tidak menyalahkan siapa pun, aku sungguh terhibur dan cukup dihormati.

@ iamnotamber Jadi kau tidak keberatan sama sekali? aku merasa lega kalau begitu .. Terima kasih banyak, kau sungguh baik untuk memberikanku izin 🙂

@ sasyaa95 yeah, aku tidak keberatan. dan itu tidak seperti kau “mencuri” ficku. Aku masih melihat namaku di sana sebagai ‘Author’ lol. xD

@ iamnotamber jadi, bisakah aku melanjutkannya? sebenarnya, aku sudah menyelesaikannya dari dulu. Kamu sungguh baik. : D

@ sasyaa95 ya, ya. silahkan. 🙂 Maaf untuk konflik ini, lol.

@ iamnotamber tidak. Akulah yang seharusnya minta maaf. maaf aku tidak sopan. * bow * senang berkenalan denganmu 🙂

@ sasyaa95 jangan khawatir tentang hal itu, tidak ada yang dirugikan. 🙂 Senang bertemu Anda juga. : D

Ps. Dia bahkan ngasi gue ijin kalo gue bisa ngelanjutin FF itu. Dia minta maaf karena konflik ini. Dalam hal ini, harusnya kan gue yang minta maaf. Tuh orang baik banget deh :’)

Perasaan gue sendiri, gimana ya? Gue merasa bersalah yang pasti. Seenggaknya gue ngaku kalo gue salah, dan gue minta maaf sama kalian semua. Itulah alasannya kenapa gue posting ginian.

Gue trauma guys.. bener-bener masih trauma…

Pertama, gue gak suka orang lain ikut campur masalah gue, dalam kasus ini gue juga rada kecewa ama temennya. Lo tahu, dia siapa? Dia author favorit gue dan dia-lah yang justru memecahkan konflik ini. Harusnya dia gak perlu ikut campur kan, gue tahu dia temennya tapi, yang punya hak kan authornya (si steph) bukan dia. Parahnya, justru  dia-lah (temennya si steph) author favorit gue. Dan selamanya akan jadi author (non indo) favorit gue. Untungnya gue gak pernah nilai author karena orangnya, tapi karena tulisannya. Alias objektif. Haha.. So, mungkin lebih tepatnya gue lebih suka ama tulisan si temennya Steph itu… (bukan dari gaya nulis dan sebagainya, tapi karena ceritanya hampir semuanya menarik) you’ll be my favorite author, no matter how much you hate me right now. (masokis) #plak :p

Dan hal ini gak akan memengaruhi penilaian gue ke dua author itu, mereka daebak. Terlepas dari bagaimana sikap si temennya ke gue :p (mungkin orangnya gak sebagus tulisannya) who knows? Masuk akal juga sih sebenernya, yang gue baca kan tulisannya bukan orangnya. #plak

Nah, terus masalahnya.

Masalah sebenarnya ada di gue. Perkara itu udah selesai. Dan sekarang, tinggal guenya. Mau apa enggak ngelanjutin dan un-private FF itu di wp gue.

Jujur ya, sekalipun gue pernah bayangin semua hal ini akan terjadi juga pada akhirnya (bahkan gue udah was-was sejak jaman LIH, entah kenapa ini baru kejadian di BFG) tapi tetep aja gue masih trauma.

Pertama, yang perlu kalian semua ketahui adalah, Gue paling gak suka ada orang yang ikut campur ama masalah gue. Yang udah ya udah, gue harap kalian semua gak memperpanjang masalah ini dan gue bisa ngelanjutin FF ini dengan tenang dan damai. (RIP) #plak

Gue adalah tipikal orang yang overthinking, alias terlalu memikirkan hal-hal kecil dengan serius. Sekalipun gue terlihat cuek di depannya, tapi enggak di dalamnya (Pikiran gue berisi dengan berbagai hal yang mungkin kalian semua anggap gak penting buat di pikirin). Kalian tahu kan, orang yang terlihat tegar sebenernya di dalem hatinya hancurnya kayak apa. Yeah… maybe gue bisa dikategorikan orang-orang seperti itu. Hehe.. peace… ^^v

Yang udah ya udah.. (sebenernya gue ngomong ini buat diri gue sendiri)

Yang gue takutin adalah… kalo kalian terus ngomongin masalah ini dan bikin gue gak focus sama ujian gue.. jadi gue mohon ya teman-teman.. jangan bicarakan hal ini di lain tempat… Stop it right now! (Selain itu, gue juga punya gangguan paranoid. Alias selalu berusaha memprediksi kejadian-kejadian yang berpotensi akan terjadi ama gue –kaya tsunami aja deh- tapi ini bener.. gue cenderung, cari aman :p jadi, jangan kaget kalo kadang gue bisa tenang banget ngadapin masalah besar sekalipun. Karena kadang gue udah memprediksi hal itu sejak dulu dan gue tahu apa yang harus gue lakuin dan selesein.) Miss scenario, huh? Hahaha… lanjoot… ||Sya, lo takut readers lo yang terus ngomongin masalah ini ato elonya yang gak bisa nyetop pikiran lo sendiri dah? Hahahaha #plak||

So, keputusannya adalah? Gue tetep lanjot FF ini, tapi entah kapan… nunggu gue siap. Gue liat dulu sikonnya kayak apa. Kalo kalian diem dan nurut sama gue *ceile* gue bakalan lanjot.. gue gak bakal ngomong dua-tiga kali. Gue diem dan gue ngobserv *as a matter of the the fact*

Lo tau, gimana rasanya kalo ada orang yang terus-terusan ngomongin masalah yang udah selesai, kan? Nyebelin banget kan? Pengen ngelempar ulekan ke jidatnya kan? #plak ||Mungkin, lain kali gue bisa nyoba nimpuk kepala gue sendiri pake ulekan.. hahaha…||

Dan gak cuma itu, gue juga mikirin nasib para author-semi translator yang lain.. gimana nasib kalian ya? Apa kalian udah ijin ke orangnya? Keknya pelajaran ini gak hanya bermanfaat buat gue tapi buat semuanya deh.. seengaknya kalian bisa ijin dulu sebelum hal kaya gini kejadian ama kalian. Iya kalo kalian berhadapan dengan author baik hati kaya yang gue alamin, kalo yang galak terus kalian di tuntut gimana? (ngayal banget tapi lumayan untuk direnungkan) hahaha…

Hayo… yang belom ijin, ijin dulu gih.. kasian loh.. gue bisa ngerasain ada di posisi mereka… pasti mereka kecewa banget.

Gue juga mau say thanks ama sone indo yang udah ngingetin gue, kalo kalian gak mensyen ke gue mungkin sampe saat ini gue gak menyadari kesalahan gue. Thanks…

Eh, tapi kata-kata engkong gue ada benernya juga loh.. kalo kalian ingin jadi pembicara yang baik, jadilah pendengar yang baik. Kalo kalian ingin jadi author yang baik, jadilah reader yang baik. Kalo kalian ingin di hormati, hormatilah orang lain. Kalo kalian ingin sukses, bantulah orang lain. Intinya, apa yang kita lakukan sama orang lain ya itu yang nantinya kita dapatkan dari orang lain. Behave! Attitude! Karma.. Haha… Kalo kita baik sama orang lain, pasti mereka akan baik sama kita. Apalagi kalo kita tulus, semua pikiran negative orang pada kita berangsur-angsur akan hilang. (dogmatis banget ya gue.. haha.. tapi gue percaya hukum karma hahaha…)

Masalah ini gak cuma sekedar masalah, tapi ada baiknya kalo bisa diambil hikmahnya. Belajar dari kesalahan gak ada ruginya kan? Hehe..

Ps. Hufft… leganya kalo udah berhasil ngeluapin semua ini… gue bisa bernapas lagi.. seengaknya gue udah gak ngerasa bersalah ama steph dan kalian semua… :p

9 thoughts on “I got the licence…”

Komentar tidak dipungut biaya ✿ Tae♡Ny ✿

